30. Hutan Indonesia sebagai salah satu hutan terluas di dunia yang dijadikan sebagai paru-paru dunia yaitu hutan hujan tropis yang memiliki ciri-ciri ….
A. Banyak tumbuh di sekitar pantai
B. Tumbuh rumput yang menutupi permukaan bumi
C. Pohon tinggi dan runcing seperti pinus
D. Memiliki musim jika kemarua dan hujan
E. Hutannya lebat dan berdaun lebar dan dasar hutan gelap

Pembahasan:

26. Ciri-ciri bioma gugur (decidous) antara lain …
A. Curah hujan 2.000 mm/tahun dan cukup penyinaran matahari
B. Terdapat burung cendrawasih
C. Suhu dingin dengan curah hujan > 2.000 mm/tahun dan tumbuhannya rapat
D. Temperatur udara panas sepanjang tahun dan hujan terjadi secara musiman
E. Curah hujan 750 – 1.000 mm/tahun dan merata serta floranya tidak terlalu rapat

Pembahasan:  Ciri-ciri bioma hutan gugur adalah sebagai berikut.
1. Curah hujan sedang, yaitu 750-1000 mm per tahun.
2. Mengalami empat musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Pada setiap pergantian musim terdapat beberapa perubahan bioma hutan gugur seperti berikut.
- Saat musim panas, pohon-pohon yang tinggi tumbuh dengan daun lebat dan membentuk tudung, tetapi cahaya matahari masih dapat menembus tudung tersebut hingga ke tanah karena daunnya tipis.
- Saat musim gugur menjelang musim dingin, pancaran energi matahari berkurang, suhu rendah, dan air cukup dingin. Oleh karena itu, daun-daun menjadi merah dan coklat, kemudian gugur karena tumbuhan sulit mendapatkan air. Daun dan buah-buahan yang gugur kemudian menjadi tumpukan senyawa organik.
- Saat musim dingin menjadi salju, tumbuhan menjadi gundul dan tidak melakukan kegiatan fotosintesis, beberapa jenis hewan mengalami/ dalam keadaan hibernasi (tidur panjang pada waktu musim dingin).
- Saat musim semi menjelang musim panas, suhu naik dan salju mencair, tumbuhan mulai berdaun kembali, tumbuhan semak mulai tumbuh di permukaan tanah dan hewan-hewan yang berhibernasi mulai aktif kembali.
3. Vegetasinya adalah pohon maple, oak, beech, dan elm. Tumbuhan di hutan gugur mengalami periode dormansi saat musim dingin yaitu ditandai dengan gugurnya daun-daun yang merupakan bentuk adaptasi tumbuhan di hutan gugur dalam menghadapi musim dingin.
4. Hewan yang menghuni pada umumnya adalah rusa, beruang, raccon, rubah, tupai, dan burung pelatuk.

25. Curah hujan diatas 2.000 mm/tahun dan mendapat penyinaran sepanjang tahun berciri-ciri bioma …
A. Sabana
B. Tundra
C. Gugur
D. Taiga
E. Hutan basah

Pembahasan: Ciri-ciri bioma hutan basah antara lain :
  • Curah hujan sangat tinggi, lebih dari 2.000 mm/tahun.
  • Pohon-pohon utama memiliki ketinggian antara 20 – 40 m.
  • Cabang pohon berdaun lebat dan lebar serta selalu hijau sepanjang tahun.


24. Faktor utama yang mempengaruhi persebaran hutan hujan tropis di daerah equator ialah …
A. Manusia
B. Biologis
C. Vegetasi
D. Edafik
E. Klimatik

Pembahasan: faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran hutan tropis di daerah equator adalah:
1.Iklim
2.Keadaan tanah
3.Relief
4.Makhluk hidup

23. Persebaran flora di muka bumi tersebar secara merata. Flora seperti kopi, kina, teh. Flora ini dipengaruhi oleh faktor utama yaitu...
A. Klimatik dan edafik 
B. Edafik dan biologis
C. Topografi dan biologis
D. Biologis dan vegetasi
E. Edafik dan topografi

Pembahasan:

1. Faktor Iklim/Klimatik 

Kondisi Iklim merupakan salah satu faktor yang utama dalam pola persebaran flora dan fauna. Faktor-faktor iklim yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna/makhluk hidup meliputi sebagai berikut..
a. Suhu

Radiasi Matahari merupakan sumber pada permukaan bumi baik secara langsung dan tidak langsung. Pancaran radiasi matahari disebarkan secara merata ke bumi namun karena faktor perbedaan lintang, derajat, keawanan, ketinggian dan albedo sehingga suhu disetiap tempat tidaklah sama. Mengenai hal tersebut, membuat hewan dan tumbuhan beradaptasi, sehingga hanya hewan dan tumbuhan tertentu saja yang dapat mendiami tempat secara tetap baik di tempat bersuhu sangat tinggi dan sangat rendah saja. Dampak perbedaan ini terdapat jenis hewan dan tumbuhan yang mampu berhasil beradaptasi di lingkungan tropis yang lembab, di lingungan dingin, kering dan lingkungan panas dan kering. 

Bagi tumbuhan yang berkembang di daerah tropis, diperlukan beragam suhu untuk proses perkembangbiakan, berbunga, berbuah, dan tumbuhnya daun-daun baru. Seperti halnya dengan tumbuhan yang dilingkungan dingin atau kering yang memerlukan pola cuaca yang beragam dalam melangsungkan serangkaian proses regenerasinya.
 b. Kelembapan Udara
Kelembaban udara dapat dilihat dari banyaknya uap air yang terkandung dalam udara. Zat hara penting diserap oleh akar tumbuhan dengan bantuan air. Air berperan dalam reaksi pembentukan bahan organik tumbuhan. Seperti halnya dengan manusia, hewan, air merupakan kebutuhan yang penting. 

Macam-Macam Kelembapan Udara- Menurut tingkat adaptasi, kelembaban lingungannya, dibedakan menjadi empat antara lain sebagai berikut...
  • Xerofit: Xerofit berasal dari kata xero yang berarti kering dan phytos berarti tumbuhan. Jadi arti xerofit adalah kelompok tumbuhan yang dapat beradaptasi di lingkungan kurang air atau kering. Pada wilayah xerofit daerah persebarannya adalah berada di kawasan gurun/arid. Contohnya kaktus.
  • Hidrofit: Hidrofit adalah kelompok tumbuhan yang beradaptasi di lingkungan berair atau basah. Ciri utama dari vegetasi adalah cenderung memiliki sistem perakaran yang dangkal, namun daunnya lebar dengan ruang renik (stomata), memiliki lapisan-lapisan kulit luar dan daun-daunnya mengarah ke datangnya sinar matahari. Istilah Hidrofit berasal dari kata hydros yang berarti basah atau berair.
  • Contohnya adalah teratai, eceng gondong, paku-pakuan, selada, air, kangkung, dan sebagainya.
  • Mesofit: Mesofit adalah kelompok vegetasi yang hidup di daerah-daerah lembab namun tidak tergenang di air. Istilah mesofit berasal dari kata meso yang berarti antara atau pertengahan. Jenis tumbuhan mesofit terdapat di daerah lintang rendah atau tropis dengan curah hujan tinggi dan relatif merata sepanjang tahun. Contoh tumbuhan mesofit adalah anggrek dan jenis jamur.
  • Tropofit:  Tropofit adalah kelompok tumbuhan yang dapat beradaptasi pada lingkungan kondisi yang berubah-ubah (menguntungkan dan tidak menguntungkan). Vegetasi kelompok tropofit hidup dengan perubahan musim yaitu musim panas dan musim dingin. Ciri-ciri tumbuhan tropofit terdiri dari tumbuhan besar, berdaun lebat dengan cabang yang banyak dan sebagai belukar atau pohon-pohon yang merupakan vegetasi khas di daerah tropis.

22. Tanjung Putting adalah taman nasional untuk melindungi kehidupan orang utan yang terletak di…
A. Sulawesi Tengah
B. Sulawesi Selatan
C. Kalimantan Timur
D. Kalimantan Tengah

Pembahasan: Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah.

21. Tingkat kehidupan yang kompleks dalam persebaran flora dan fauna pada kumpulan komunitas adalah …
A. Ekosistem 
B. Kelompok
C. Individu
D. Populasi
E. Bioma

Pembahasan

20. Biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti …
A. Hidup dan lapisan 
B. Makhluk hidup dan ilmu
C. Manusia dan lapisan
D. Hidup dan ilmu

E. Ekosistem dan lapisan

Pembahasan: Biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udaradaratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotikberlangsung. Dalam pengertian luas menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi. Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 miliar tahun dari 4,5 miliar tahun usia Bumi.

19. Gurun pasir terluas di dunia adalah....
A. Sahara
B. Gobi
C. Patagonia
D. Victoria
E. Kalahari

Pembahasan: Dengan luas mencapai 9.100.000 km2,Gurun Sahara melintasi berbagai negara, di antaranya Algeria, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, dan Tunisia. Tak heran jika UNESCO telah menetapkan Gurun Sahara sebagai gurun pasir terluas di dunia.


18. Taman Nasional Bunaken terletak di propinsi....
A. Maluku
B. Lampung
C. Banten
D. Sulawesi Utara
E. Papua

Pembahasan: Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi UtaraIndonesia.

17. Walaby adalah salah satu fauna Papua. Walaby adalah tipe kangguru yang berasal dari Australia. Faktor penyebab walaby bisa muncul di Papua dipengaruhi oleh....
A. iklim
B. tanah
C. sejarah geologi
D. manusia
E. topografi

Pembahasan: Penyebaran walabi dari Australia ke Papua terjadi pada 14.000 – 17.000 tahun yang lalu pada zaman es, ketika permukaan air laut surut. Ketika daratan Australia dan Papua menyatu,  terciptalah padang rumput yang membentang dari utara Australia hingga di bagian selatan Papua. Hamparan padang rumput inilah yang memungkinkan persebaran walabi dari Australia ke Papua.

Comments

Popular posts from this blog

POSISI INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA